Selasa, 22 Februari 2022

Marketing Mix dalam Pariwisata

           




     
Haii, ketemu lagi nih sama aku, si penulis hihi. Kalian pasti sudah kenalkan denganku. Yups, betul namaku Iswary Majesty Syahrir. Langsung saja ya, disini aku akan membagikan kepada kalian semua tentang apa sih Marketing Mix dalam Ranah Pariwisata? Yang penasaran gimana konsepnya, yuk langsung cus dibaca..

Apa sih Marketing Mix itu?

            Marketing mix berasal dari bahasa inggris. Marketing atau pemasaran dan mix atau bauran. Keduanya jika di gabungkan yaitu bauran pemasaran. Jadi pengertian marketing mix secara umum adalah sebuah konsep pemasaran yang memiliki beberapa komponen di dalamnya seperti 4p kemudian menjadi 7p. Marketing mix ini sering dijadikan strategi perusahaan untuk memastikan apakah komponen dalam bauran tersebut sudah sesuai dan memaksimalkan nilai penjualan. 

Pengertian Marketing Mix menurut para ahli 

Kalian juga dapat mengetahui pengertian marketing mix menurut para ahli, disini saya akan mencantumkan tiga penjelasan mengenai strategi marketing mix:

  • Soemarni dan Soeprihanto (Tahun 2010)
         Marketing mix merupakan kombinasi variabel inti sistem pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi oleh perusahaan guna mempengaruhi tanggapan konsumen.

  • Buchari Alma (Tahun 2005)

          Marketing mix ialah sebuah strategi dalam mengkombinasikan berbagai kegiatan pemasaran demi memaksimalkan hasil yang bisa diterima.

  • Kotler armstrong (Tahun 1997)
          Marketing mix adalah perangkat pemasaran yang taktis dan dapat dikendalikan oleh perusahaan. Terdapat unsur didalamnya, yakni 4P Produk, Price, Place, dan Promosi.

Marketing Mix 4P
                Dapat kalian ketahui bahwa yang Kotler Armstrong katakan marketing mix terdapat unsur unsur didalamnya. Disini saya akan menguraikannya secara lebih rinci, yaitu:
  1. Produk (Product)
         Kita ambil contoh seperti paket wisata, disini wisatawan dapat memilih berbagai macam bentuk, harga, fasilisas yang terdapat di dalamnya. Selain itu wisatawan juga dapat menyesuaikan dengan keinginannya. 
     
       2. Harga (Price)
        Yang kedua ada harga atau price. Disini kalian dapat menentukan berapa harga jual dari suatu tempat wisata yang kita tawarkan, baik itu dari akomodasinya dan juga fasilitas penunjangnya. Korelasi antara harga dan destinasi wisatawan sangat berperan penting, karena dari harga tersebutlah kalian bisa menggaet lebih banyak pengunjung.

       3. Tempat (Place)
         Yang dimaksud dengan tempat atau place di sini adalah suatu tempat yang dapat wisatawan kunjungi jika ingin melakukan suatu perjalanan wisata atau berlibur. Dewasa ini, tempat-tempat wisata telah banyak bertebaran di berbagai lokasi.

        4. Promosi
           Promosi di sini posisinya juga tak kalah penting dari unsur lainnya. Karena dari promosi ini kita dapat meningkatkan peminat pasar untuk membeli produk kita atau suatu paket wisata yang kita tawarkan nantinya. Proses promosi ini tentu saja tidak akan lepas dari media media cetak salah satunya seperti, poster, banner, media sosial facebook, instagram, bahkan kalian juga bisa melakukan promosi secara langsung dengan konsumen. Misalnya saja ketika kalian melakukan promosi pada tempat wisata dan berhasil menggaet banyak pengunjung, tentunya unsur ini sangat menguntungkan bagi destinasi wisata tersebut. Dan perlu kalian ketahui juga ya, bahwa halnya destinasi itu tidak dapat dicoba dulu lalu dibeli, jadi jika kalian telah membeli suatu paket wisata atau mencoba berbagai fasilitas tempat wisata, kalian tidak dapat mengembalikannya ya.


Marketing Mix 7P
Ada tiga unsur yang terdapat di marketing mix 7P ini, diantaranya yaitu:

        1. Physical Edvidence

         Physical evidence atau bukti fisik tidak terbatas pada produk fisik saja. Yang dapat dikaitkan di sini yaitu tentang kepuasan wisatawan dengan tempat wisata yang telah dikunjungi. Jadi wisatawan dapat memberikan komentar yang baik juga terhadap tempat wisata tersebut.

        2. People

           People disini adalah orang yang berperan penting dalam suatu pelayanan destinasi. Dapat diberi contoh seperti tour guide atau pemandu wisata yang mengarahkan serta mengenalkan tempat-tempat destinasi kepada wisatawannya.

        3. Process

             Process adalah pengalaman wisatawan dari awal mengetahui suatu destinasi sampai ia melakukan perjalanan ulang. Jadi process ini dimulai dari bagaimana wisatawan mengetahui suatu destinasi baik itu dari media sosial, media cetak, blog, atau media lainnya. Ketika wisatawan tertarik mengunjungi destinasi tersebut,, ia mulai melakukan observasi terhadap destinasi tersebut.


Nah teman-teman, itu dia pejelasan singkat mengenai Marketing Mix dalam Ranah Pariwisata. Semoga ilmu ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua, ya. Stay healthy and goodbye..      


Sumber: https://www.niagahoster.co.id/blog/marketing-mix/
http://www.google.com/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0CAYQjB0&url=http%3A%2F%2Fwww.succes-marketing.com%2Fmanagement%2Fnotion%2Fmix-marketing-4p&ei=imtGVd-9JsK0uATex4GwDg&bvm=bv.92291466,d.c2E&psig=AFQjCNEXjjNgfUWRXzMZqT95HDXHAxG-qw&ust=1430764795286162

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Wisata Permandian Air Panas Sulili Waterboom

Informasi Umum Mengenai Permandian Air Panas Sulili Waterboom Gambar 1. Pemandangan Sulili Waterboom dari atas Wisata Pemandian Air Panas Su...